October 28, 2013

Mengangkat Posisi Web Di Google

Ini blog dah kelamaan dianggurin. Perasaan semenjak era microblogging Twitter, orang jadi males nulis. Enakan nge-twit, pendek tapi efektif. Jadilah gw ketularan males ngeblog, dianggurin mulu :) Plus bingung mau nulis apa, daripada curhat macam ababil, mending gw berbagi tips (yg gw tau aja), cara biar posisi web ato blog bisa di halaman 1 oom Google 

Cara ini gw praktekan ke web gw yang gw bikin taun 2009 & sangat efektif menurut gw. Hasil nyari sana sini. Udah banyak banget yang ngebahas sebenernya, jd gw juga cuma merangkum yang selama ini gw lakukan saat bikin web/blog buat orang lain (umumnya komersil buat jualan). Soalnya semakin gede traffic ke web/blog, semakin banyak orang tau, kemungkinan buat produk kita dibeli orang semakin besar.

Kalo pertanyaannya kenapa blog gw tidaknyata.org ini posisinya nggak bagus di Google, "ngapain loe ngomongin SEO kalo posisi web elu aja jeblok?!" Soalnya ini blog pribadi. Kagak ada urusan ama jualan, traffic, posisi di Google ETC. Ini tempat sampah gw, bodo amat mau posisi berapa. Ada yang baca syukur, gak ada juga wong cuma tempat gw nyampah :) Lah napa jadi emosi mas? Hehehehe... Udah langsung kita bahas saja.

1. Niche. 
Bahasan yang spesifik mutlak hukumnya biar search engine macam Google lebih gampang mengingat & mengklasifikasikan web loe itu tentang apa. Misalnya mau bikin web tentang Karpet kaya gw, ya jangan ntar di artikel2 lain loe ngebahas telor asin ato angka inflasi. Nggak nyambung. Harus konsisten membahas Karpet dan seluk beluknya. Jadi kalo bikin web, khususkan mau ngebahas apa, konsisten di bahasan itu. Kalo mau ngebahas yang lain lagi, bikin blog ato web baru aja.

2. Keywords
Kata kunci yang loe pake jadi judul/head web loe. Ini berhubungan dengan saat orang nyari sesuatu lewat Google. Umumnya orang nyarinya pake kata kunci apa. Jadi kalo orang mau beli karpet, biasanya mereka ngetik apa di Google? misalnya karpet doang, apa harga karpet, ato karpet meteran dll dll. Ada namanya Google Keywords Tools. Powerfull one. Gw selalu survey pake tool ini sebelum menentukan keywords web yang mau gw bikin. Di sana kita dapet informasi lengkap berapa kali dalam sebulan orang nyari pake keyword itu, tingkat persaingannya gimana, alternatif keyword lain ETC.

3. Meta Tag
Meta tag adalah informasi dasar awal yang biasanya terletak di header sebuah web. Isinya Nama Website, Judul Utama Website, Deskripsi ato Penjelasan singkat tentang web itu & Keyword (ini biasanya dipisah dengan koma). Usahakan jangan mengulang kata yang sama lebih dari 3 kali soalnya Google bisa menganggap web loe isinya spam, malah merusak posisi di halaman pencarian.

4. Hindari Copy Paste (Duplicate Content)
Kalo bikin web, jangan pernah asal copas dari web lain. Google pasti tau mana yang lebih dulu, malah merusak posisi loe. Jadi kalo bikin artikel, walopun maksudnya sama, loe tulis pake bahasa loe sendiri, keliatan lebih orisinil, ini jelas jadi nilai plus.

5. Gunakan Labels (khusus yang pake blogger)
Keyword inceran bisa loe sisipkan di bagian labels. Misalnya gw bikin artikel tentang cara pembuatan karpet, di kolom Labels gw isi pake: karpet, bahan karpet, pembuatan karpet, handtufted, wool dsb dsb.

6. Submit ke Search Engine
Banyak submitter kok, loe googling aja Search Engine Submit ada banyak tuh berderet keluar. Tinggal loe submit URL web loe. Beres. Ini adalah cara kita mengenalkan web kita yang masih baru kepada search engine macam Google, Bing Yahoo ato Baidu dlll.

7. Gunakan Social Bookmarking
Gw gak tau masih efektif ato nggak, kayanya sih masih :), setiap kali gw bikin web baru, pasti selalu gw submit ke Social Bookmarking Site. Yang paling efektif menurut gw adalah Digg.com & Technorati .com. Soalnya saat awal bikin, pasti Search Engine belum kenal ama web loe, gak akan ada posisinya di halaman 50 juga. Nah kalo submit ke kedua situs tadi, gak sampe 6 jam, web loe udah keindex isinya.

8. Sabar
Orang sabar gede pantatnya (lah kagak nyambung nyet!). Pesen gw, loe harus sabar buat nyampe ke halaman pertama Google. Gak bisa kalo web loe baru maunya udah di halaman satu. Dari pengalaman pribadi, dibutuhkan waktu lebih dari 6 bulan sampe loe dapet posisi di halaman pertama. Biasanya gini, seminggu web loe udah keindex sama Google, selama 3 bulan dianalisa ada yang aneh2 gak (konten tidak sesuai, loe main curang etc), kalo aman, sampai 3 bulan web loe udah ada di Google cuma nggak tau di halaman ke berapa puluh. Bulan ke enam loe udah ada di halaman 2 ato pertama tapi paling bawah. Sesudah 9bln-1thn baru loe bisa nangkring di halam pertama awal. Tapi ingat, kalo ada web lain yang lebih relevan secara konten, keyword yang efektif, pembahasan yang spesifik dll, bisa aja posisi loe tergusur paksa. Jadi kalo bikin web, niatkan bikin web untuk manusia, bukan robot pencari. Search Engine tau pasti mana web yang nyari posisi doang sama yang kontennya bermanfaat

Sebenernya ada jalan pintas, tapi membutuhkan biaya. Sedangkan gw dulu sama sekali gak pake cara berbayar, gw cuma pake cara di atas aja web gw udah 3 tahun masih nangkring di halaman pertama Google untuk keyword Karpet Masjid, Karpet Meteran, Karpet Custom, Karpet Kantor, Karpet Hotel :)

Cara berbayar yang gw maksud adalah pake Google Adwords. Program iklan punya Google. Ini sangat efektif mendongkrak posisi web di halaman pencarian. Cuma ya itu, loe kudu bayar. Setau gw sekitar 3juta pertahun, gatau persisnya sih. 

Soalnya client gw (tsah bahasa lu dan pake client segala) pake Adwords gak nyampe sebulan posisinya udah bagus aja di halaman pencarian. Padahal web yang gw bikin buat dia bener2 masih baru & kontennya banyak yang jiplakan.

Sekian & Terima gaji...

(tumben ini gw nulis gak pake edit2 langsung jadi aja)

0 comments:

Post a Comment